Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

TIM DOSEN UKMC KEMBANGKAN TEKNOLOGI FILTRASI AIR

Panti Asuhan Santa Maria (PA SanMa) berlokasi di desa Purwodadi, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. PA SanMa memiliki sumur bor yang menghasilkan air berlimpah. Sayangnya kandungan asam dalam air tersebut sangat tinggi sehingga tidak dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan air, PA SanMa memanfaatkan air hujan yang ditampung dalam bak-bak penampungan selama musim hujan.

1

Pada bulan Maret 2019, tim dosen Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) telah melakukan survei awal dan pengambilan sampel air yang digunakan oleh PA SanMa. Tim dosen tersebut beranggotakan lima dosen yakni Fransiska Soejono, S.E., M.Sc., Dr. Ian Kurniawan, S.T., M.Eng., IPM., Theresia Sunarni, S.T., M.T., IPM., Yohanes Dicka Pratama, S.T., M.T., IPP., dan R. Kristoforus Jawa Bendi, S.T., M.Cs. Selain para dosen, tim tersebut dibantu oleh mahasiswa UKMC, yakni Urbanus Dwi Adi Pitoyo, Maria Rosari Efila, Gracia Putri Wiguna, dan Romiya Gustirah.

Hasil uji sampel air yang dianalisis secara fisika dan kimia menunjukkan bahwa air yang selama ini digunakan oleh PA SanMa, beberapa parameternya melampaui standard yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. Parameter yang tidak memenuhi standard antara lain parameter bau, rasa, warna dan kekeruhan. Selain itu juga ditemukan kandungan unsur logam Alumunium (Al), Besi (Fe), dan Seng (Zn) yang melebihi batas standard yang ditentukan.

Menyadari pentingnya kebutuhan air bersih bagi kelangsungan hidup di PA SanMa, tim dosen tersebut berinisiatif untuk mengembangkan alat filtrasi air yang sederhana dengan menggunakan teknologi hybrid membranHibrid membran adalah proses perancangan filtrasi air dengan menggunakan 2 jenis/tipe membran atau lebih. Proses perancangan ini menggunakan Hybrid membran terintegrasi dengan 2 buah tipe membran yang dilengkapi dengan peralatan pendukung perancangan. Kapasitas pengolahan air dapat memproses dalam skala kecil rumah tangga sebesar 1 gallon/15 menit atau 20 liter/15 menit.

Membran pertama dengan jenis mikrofiltrasi menggunakan konsep hollowfibre sedangkan membran kedua menggunakan tipe keramik dengan konsep tubular device. Peralatan pendukung membran dilengkapi dengan housing, pipa PVC dan 2 tahap pre treatment menggunakan karbon aktif dan silikia untuk menghasilkan kinerja filtrasi membran yang maksimal. Pompa dengan tekanan maksimal 230 psi sebagai komponen pengatur tekanan aliran air juga digunakan sebagai pendukung Hibrid membran.

2  3

Alat filtrasi ini telah diujicobakan di PA SanMa pada tanggal 28 September 2019. Untuk memastikan bahwa alat tersebut dapat digunakan dengan baik, pengelola dan para pegawai di lingkungan PA SanMa pun telah dibekali pelatihan penggunaan alat filtrasi tersebut.

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BANGAU | Fakultas Ilmu Sains dan Teknologi Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jalan Bangau No. 60 Palembang Sumatera Selatan 30113

  • Hot line : 0711 - 366326