Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

PENGENALAN DAN SIMULASI ONE SINGLE SUBMISSION UNTUK PENGAJUAN IJIN USAHA

Ijin usaha menjadi penting bagi setiap usaha, tidak hanya bagi perusahaan besar tetapi juga penting bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sayangnya banyak pelaku usaha belum paham mengenai Ijin Usaha Mikro Kecil ini.Legalitas bisnis atau perijinan usaha dapat mendukung usaha untuk leluasa berekspansi. Banyak pelaku usaha enggan mengurus perijinan karena membutukan waktu, tenaga dan biaya. Padahal ijin usaha merupakan salah satu syarata pendanaan usaha mikro kecil dari bank. Manfaat mengurus ijin usaha ada empat yaitu memiliki legalitas usaha, kemudahan untuk mendapatkan modal karena sudah legal, akses untuk mendapatkan pendampingan usaha dari pemerintah, dan kesempatan memperoleh bantuan pemberdayaan dari pemerintah.

Data Bank Dunia tahun 2018 menunjukkan Indonesia berada di peringkat 73 dunia dalam hal kemudahan berusaha. Hal ini dikarenakan mengurus ijin di Indonesia membutuhkan waktu yang relatif lama yakni mencapai 20 hari. Menyikapi masalah tersebut, saat ini pemerintah sudah menyediakan fasilitas layanan perizinan usaha secara online yaitu one single submission (OSS). Tujuan pemerintah adalah mempercepat proses penerbitan perijinan berusaha sesuai dengan standar pelayanan, memberikan kepastian waktu dan biaya dalam proses perijinan, serta meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi Kementrian/lembaga dan Pemerintah Daerah. Keberadaan Sistem OSS ini diharapkan dapat mempersingkat proses ijin usaha dan lebih efisien biaya.Artikel PkM1529

Mengingat pentingnya sebuah usaha untuk memiliki ijin usaha, maka salah satu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Katolik Musi Charitas berinisiatif untuk memberikan sosialisasi mengenai OSS kepada para pelaku usaha. Tim PkM ini terdiri dari tiga dosen, yakni: Fransiska Soejono, Theresia Sunarni, dan Kristoforus Jawa Bendi serta tiga mahasiswa, yakni: Maria Rosari Efila, Savira Anthony, dan Wenny Angeliana.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media WhatsApp pada tanggal 25 April 2020, pukul 09.45 s.d. 16.30. Materi kegiatan berupa sosalisasi OSS, simulasi penggunaan OSS dan tanya jawab dengan peserta. Kegiatan ini diikuti oleh enam pelaku usaha mikro dari kota Palembang dan daerah pasang Surut. Jenis usaha yang dijalankan oleh peserta kegiatan antara lain usaha minuman dan makanan (50%), kopra putih, budidaya pertanian, dan briket arang kelapa.

Secara umum, peserta kegiatan menyatakan puas dengan dengan materi kegiatan dan metode pelakasanaan. Kendati demikian, peserta menyarankan adanya bentuk kegiatan tatap muka langsung. Peserta juga berharap ada kegiatan lanjutan setelahnya seperti pendampingan strategi pemasaran hingga pendampingan pembuatan laporan keuangan. Hasil survei menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta mengenai hal-hal yang terkait dengan OSS. Hal ini terlihat dari rerata skor hasil prates (45%) dan rerata postes (95%) peserta mengalami peningkatan sebesar 48%.

Artikel PkM2986

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BANGAU | Fakultas Ilmu Sains dan Teknologi Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jalan Bangau No. 60 Palembang Sumatera Selatan 30113

  • Hot line : 0711 - 366326