Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Program Studi Informatika (S1)

 

PROFIL PROGRAM STUDI INFORMATIKA


Program Studi Informatika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkembang dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang komputer dan teknologi informasi dengan mempertimbangkan aspek sosial, budaya, dan moral. Selain itu juga lulusan ini diharapkan mampu melakukan rancang bangun dan mengembangkan perangkat lunak basis web, aplikasi basis data, dan jaringan komputer, serta mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik, dan alat bantu.

 

Kompetensi lulusan Program Studi Informatika difokuskan pada tiga bidang penguasaan, yaitu :

    1. Teknologi Mobile (Mobile Technology)
    2. Teknologi Web (Web Technology)
    3. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

 

VISI

        "Menjadi Program Studi yang Menghasilkan Manusia Seutuhnya di Bidang Informatika yang Bermutu "

 

MISI

Misi Program Studi Informatika adalah mendidik manusia dengan :

  1. Menghasilkan lulusan Informatika yang bermutu dalam menerapkan dan mengembangkan kemampuan di bidang Informatika.
  2. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu di bidang Informatika.
  3. Membentuk komunitas ilmiah di bidang Informatika yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif dalam pembentukan manusia seutuhnya.

 

TUJUAN

  1. Terciptanya lulusan Informatika sebagai manusia yang utuh.
  2. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif.
  3. Terselenggaranya penelitian yang bermutu di bidang Informatika.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat bidang Informatika sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Terbangunnya komunitas akademik di bidang Informatika yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif dalam pembentukan manusia seutuhnya.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Program Studi

  • Latius Hermawan S.T., M.Kom.

Kepala Laboratorium

  • Lab. Multimedia : Klaudius Jevanda B.S., S.Kom., M.T.
  • Lab. Perangkat Keras dan Jaringan : Wawan Nurmansyah S.Kom., M.Cs
  • Lab. Multimedia dan Desain : Hendrik Fery Herdiatmoko S.T., M.Eng

Koordinator Kerja Praktik

  • Wawan Nurmansyah S.Kom., M.Cs

Koordinator Kuliah Umum

  • Hendrik Fery Herdiatmoko S.T., M.Eng

Koordinator Kunjungan IT

  • Klaudius Jevanda B.S., S.Kom., M.T.

 

 

PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROGRAM STUDI INFORMATIKA


 

I. PROFIL LULUSAN

Lulusan Prodi Informatika dalah pribadi beriman yang memiliki wawasan kebangsaan, kompeten di bidang Internet of Thing, dan mampu menginternalisasi  nilai-nilai dasar CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managing-capacity, Persistence, Integrity, Open Minded, dan Novelty) dalam berkarya.

Profil Deskripsi Profil
Software Developer Menciptakan atau mengembangkan sebuah perangkat lunak, yang secara detail menjadi proses: 1) penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desain software, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform.

 

II. CAPAIAN PROGRAM

Capaian Program Program Studi Informatika adalah sebagai berikut :

  1. Pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar dan teori ilmu komputer
  2. Kemampuan untuk memiliki perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi
  3. Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas
  4. Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari
  5. Mampu berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif
  6. Mempelajari model baru, teknik, teknologi, dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri seumur hidup
  7. Menunjukkan keterampilan antar pribadi sebagai bagian dari tim dalam setiap peraturan termasuk kepemimpinan dalam menyampaikan hasil/resolusi yang berkualitas
  8. Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi informatika

 

III. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI INFORMATIKA

3.1 SIKAP

KODE URAIAN SIKAP
SK01 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
SK02 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
SK03 dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
SK04 dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
SK05 dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
SK06 dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
SK07 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
SK08 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
SK09 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
SK10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
SK11 menginternalisasi nilai-nilai UKMC yakni: charity, humanity, altruism, managing-capaticy, persistence, integrity, onpen-minded, dan novelty.

 

3.2 PENGETAHUAN

KODE URAIAN PENGETAHUAN
PG01 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
PG02 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah.
PG03 Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplemen-tasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer.
PG04 Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
PG05 Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
PG06 Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
PG07 Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
PG08 Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
PG09 Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
PG10 Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
PG11 Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
PG12 Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem.
PG13 Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
PG14 Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
PG15 Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
PG16 Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
PG17 Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi
PG18 Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
PG19 Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
PG20 Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer
PG21 Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer
PG22 Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
PG23 Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya
PG24 Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer
PG25 Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural
PG26 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data
PG27 Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif
PG28 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer
PG29 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area
PG30 Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada
PG31 Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer
PG32 Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu
PG33 Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer
PG34 Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien
PG35 Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan
PG36 Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia
PG37 Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia
PG38 Membuat dan mengembangkan aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia
PG39 Menguasai konsep teoritis ilmu manajemen secara umum
PG40 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan analisis kelayakan bisnis
PG41 Mengevaluasi kriteria insvestasi bisnis
PG42 Menerapkan konsep analisis keyakan bisnis pada bidang teknologi informasi
PG43 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan kewirausahaan
PG44 Mengevaluasi bentuk-bentuk kewirausahaan dalam bidang teknologi informasi
PG45 Menerapkan konsep kewirausahaan pada bidang teknologi informasi

 

3.3 KETERAMPILAN UMUM

NO KETERAMPILAN UMUM
KU01 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU02 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU03 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU04 menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU05 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU06 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU07 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU08 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU09 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KU10 mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer;
KU11 memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi;
KU12 mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis;
KU13 berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data;
KU14 memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
KU15 memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning);
KU16 memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya;
KU17 bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam;
KU18 mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis;
KU19 beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi.

 

3.4 KETERAMPILAN KHUSUS

NO URAIAN KETERAMPILAN KHUSUS
KK01 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi berbasis web
KK02 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi berbasis mobile
KK03 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi sistem cerdas

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI INFORMATIKA


Program Studi Informatika menggunakan kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional  Indonesia (KKNI) terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Para lulusan dibekali kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Kurikulum tersebut dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 semester dengan beban studi sebesar 144 SKS. Sesuai dengan keterlambatan studi yang dapat ditoleransi adalah 6 semester, sehingga total masa studi yang masih ditoleransi adalah 14 semester. Mata kuliah tersedia berjumlah 62 yang terdiri dari 6 mata kuliah wajib Universitas (12 SKS), 1 mata kuliah Fakultas (2 SKS), 37 mata kuliah wajib program studi (102 SKS), 15 mata kuliah pilihan program studi (45 SKS), dan 3 mata kuliah pilihan lintas program studi (8 SKS). Mata kuliah yang ditempuh berjumlah 53 terdiri dari 6 mata kuliah wajib universitas (12 SKS), 1 mata kuliah Fakultas (2 SKS), 40 mata kuliah wajib program studi (107 SKS), 5 mata kuliah pilihan program studi (15 SKS), dan 3 mata kuliah pilihan lintas program studi (8 SKS).  

 

PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Semester 1

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0120 Agama 2 - W  
UNI0420 Bahasa Indonesia 2 - W  
INF0231 Kalkulus 3 - W  
INF0321 Matematika Diskrit 1 2 - W  
INF0831 Pemrograman 1 3 - W  
INF1831 Pengantar Teknologi Informasi 3 - W  
INF2531 Sistem Digital 3 - W  
INF2821 Komunikasi Data 2 - W  
Total 20      

Semester 2

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0520 Bahasa Inggris 2  -  W  
UNI0620 Spiritualitas UKMC 2  -  W  
INF0422 Matematika Diskrit 2 2  -  W  
INF0522 Aljabar Linier 2  -  W  
INF0632 Statistik 1 3  -  W  
INF0932 Pemrograman 2 3  -  W  
INF2642 Arsitektur Komputer 4  -  W  
INF2032 Basis Data 1 3  -  W  
Total  21      

Semester 3

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0220 Pancasila 2 - W  
INF0123 Bahasa Inggris Lanjut 2 Bahasa Inggris W Pernah Menempuh
INF0733 Statistik 2 3 Statistik 1 W Pernah Menempuh
INF1033 Pemrograman 3 3 Pemrograman 2 W Pernah Menempuh
INF1133 Pemrograman Basis Web 1 3 Pemrograman 1 W Pernah Menempuh
INF2133 Basis Data 2 3 Basis Data 1 W Lulus
INF2743 Sistem Operasi 4 Arsitektur Komputer W Pernah Menempuh
Total 20      

Semester 4

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0320  Kewarganegaraan 2 Pancasila W Lulus
INF1234  Pemrograman Basis Web 2 3 Pemrograman Basis Web 1 W Lulus
INF1534  Strategi Algoritma 3 Pemrograman 3 W Lulus
INF1334  Pemrograman Basis Objek 3 Pemrograman Basis Web 1 W Pernah Menempuh
INF1934  Interaksi Manusia dan Komputer 3 Pengantar Teknoogi Informasi W Pernah Menempuh
INF2234  Rekayasa Perangkat Lunak 1 3 Pemrograman 3 W Pernah Menempuh
INF2934  Jaringan Komputer 1 3 Komunikasi Data W Pernah Menempuh
Total   20      

Semester 5

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
FST0120 Technopreneurship 2 - W  
INF1745 Sistem Cerdas 4  Pemrograman 3 W Lulus
INF2335 Rekayasa Perangkat Lunak 2 3  Rekayasa Perangkat Lunak 1 W Lulus 
INF433PM Mata Kuliah Pilihan Program Studi 1 3   P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 1 2   P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 2 3   P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 3 3   P  
Total   20      

Semester 6

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
INF3226M Etika 2 Interaksi Manusia dan Komputer W Pernah Menempuh
INF3420M Kerja Praktik 2 Minimum Menempuh 90 SKS W  
INF2426M Proyek Perangkat Lunak 2   W  
INF3826M Sistem Informasi Manajemen 2   W  
INF463PM Mata Kuliah Pilihan Program Studi 2 3   P  
INF473PM Mata Kuliah Pilihan Program Studi 3 3   P  
 INF493PM Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 4  3  - P  
 INF543PM Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 5  3  - P  
Total   20      

Semester 7

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat  W/P Keterangan
INF1437 Pemrograman Basis Mobile 3 Pemrograman 1 W Pernah Menempuh
INF3320 Metodologi Penelitian 2 Statistik 2 W Lulus
INF3520 Seminar 2 Minimal lulus 100 SKS W  
 INF453PM Mata Kuliah Pilihan Program Studi 4  3 - P  
 INF423PM Mata Kuliah Pilihan Program Studi 5  3 - P  
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 6  3 - P  
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 7  3 - P  
Total  19      

Semester 8

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
INF3640 Skripsi 4

Seminar

Minimum lulus 125 SKS

W Lulus
Total 4      

Mata Kuliah Pilihan

Kode Mata Kuliah SKS Prasyarat P
INF413P Swarm Intelligence 3 INF1746 P
INF423P Machine Learning 3 INF1831 P
INF433P Agent Systems 3 INF1934 P
INF443P Data Mining 3 INF0733 P
INF453P Information Retrieval 3 INF0733 P
INF463P Semantic Web 3 INF1234 P
INF473P Web Service 3 INF1234 P
INF483P Multimedia 3 INF1934 P
INF493P Mobile Operating System 3 INF2743 P
INF503P Wireless Network 3 INF2934 P
INF513P Kriptografi 3 INF2934 P
INF523P Steganografi 3 INF2934 P
INF533P Perception and Computer Vision 3 INF1934 P
INF543P NET Programming 3 INF1033 P
INF553P Augmented & Virtual Reality 3 INF1934 P

 

PILIHAN PROGRAM

Program studi Informatika memfasilitasi mahasiswa untuk mengambil 3 program kegiatan yaitu :

  1. Program Reguler
  2. Program MBKM
  3. Program Reguler dan MBKM

PROGRAM KEGIATAN

Program kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan program studi di luar Program Studi meliputi :

  1. Pertukaran Mahasiswa
  2. Magang/Praktik Kerja
  3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  4. Penelitian/Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Kewirausahaan
  7. Studi/Proyek Independen
  8. Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

Dimana, Program Studi Informatika melaksanakan 3 Program yakni Magang/Kerja Praktik, Asisten Mengajar di Satuan Pendidikan dan Studi/Proyek Independen

 

PETA KURIKULUM MBKM

Peta Kurikulum 2021 IF OK

Download Template Joomla 3.0 free theme.