Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Program Studi Informatika (S1)

 

PROFIL PROGRAM STUDI INFORMATIKA


Program Studi Informatika sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 937/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018 mendapatkan peringkat "Terakreditasi B".

Program Studi Informatika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkembang dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang komputer dan teknologi informasi dengan mempertimbangkan aspek sosial, budaya, dan moral. Selain itu juga lulusan ini diharapkan mampu melakukan rancang bangun dan mengembangkan perangkat lunak basis web, aplikasi basis data, dan jaringan komputer, serta mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik, dan alat bantu.

 

Kompetensi lulusan Program Studi Informatika difokuskan pada tiga bidang penguasaan, yaitu :

    1. Teknologi Mobile (Mobile Technology)
    2. Teknologi Web (Web Technology)
    3. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

 

VISI

        "Menjadi Program Studi yang Menghasilkan Manusia Seutuhnya di Bidang Informatika yang Bermutu "

 

MISI

Misi Program Studi Informatika adalah mendidik manusia dengan :

  1. Menghasilkan lulusan Informatika yang bermutu dalam menerapkan dan mengembangkan kemampuan di bidang Informatika.
  2. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu di bidang Informatika.
  3. Membentuk komunitas ilmiah di bidang Informatika yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif dalam pembentukan manusia seutuhnya.

 

TUJUAN

  1. Terciptanya lulusan Informatika sebagai manusia yang utuh.
  2. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif.
  3. Terselenggaranya penelitian yang bermutu di bidang Informatika.
  4. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat bidang Informatika sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Terbangunnya komunitas akademik di bidang Informatika yang dinamis, kreatif, inovatif dan adaptif dalam pembentukan manusia seutuhnya.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Program Studi

  • Klaudius Jevanda B.S., S.Kom., M.T.

Kepala Laboratorium

  • Latius Hermawan S.T., M.Kom.

Koordinator Kerja Praktik

  • Wawan Nurmansyah S.Kom., M.Cs

Koordinator Kuliah Umum

  • Hendrik Fery Herdiatmoko S.T., M.Eng

Koordinator Kunjungan IT

  • Klaudius Jevanda B.S., S.Kom., M.T.

 

 

PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROGRAM STUDI INFORMATIKA


 

I. PROFIL LULUSAN

Lulusan Prodi Informatika dalah pribadi beriman yang memiliki wawasan kebangsaan, kompeten di bidang Internet of Thing, dan mampu menginternalisasi  nilai-nilai dasar CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managing-capacity, Persistence, Integrity, Open Minded, dan Novelty) dalam berkarya.

Profil Deskripsi Profil
Software Developer Menciptakan atau mengembangkan sebuah perangkat lunak, yang secara detail menjadi proses: 1) penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desain software, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform.

 

II. CAPAIAN PROGRAM

Capaian Program Program Studi Informatika adalah sebagai berikut :

  1. Pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar dan teori ilmu komputer
  2. Kemampuan untuk memiliki perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi
  3. Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas
  4. Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari
  5. Mampu berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif
  6. Mempelajari model baru, teknik, teknologi, dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri seumur hidup
  7. Menunjukkan keterampilan antar pribadi sebagai bagian dari tim dalam setiap peraturan termasuk kepemimpinan dalam menyampaikan hasil/resolusi yang berkualitas
  8. Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi informatika

 

III. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI INFORMATIKA

3.1 SIKAP

NO URAIAN SIKAP
1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3 dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
4 dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
5 dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
6 dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
9 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
11 menginternalisasi nilai-nilai UKMC yakni: charity, humanity, altruism, managing-capaticy, persistence, integrity, onpen-minded, dan novelty.

 

3.2 PENGETAHUAN

NO URAIAN PENGETAHUAN
1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
2 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah.
3 Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplemen-tasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer.
4 Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
5 Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
6 Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
7 Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
8 Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
9 Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
10 Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
11 Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
12 Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem.
13 Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
14 Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
15 Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
16 Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
17 Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi
18 Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
19 Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya
20 Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer
21 Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer
22 Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
23 Merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya
24 Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer
25 Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural
26 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data
27 Menganalisis dan mengembangkan sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif
28 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer
29 Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area
30 Merancang sistem keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada
31 Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer
32 Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu
33 Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer
34 Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien
35 Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan
36 Menguasai konsep pemodelan, rendering, animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia
37 Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia
38 Membuat dan mengembangkan aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia
39 Menguasai konsep teoritis ilmu manajemen secara umum
40 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan analisis kelayakan bisnis
41 Mengevaluasi kriteria insvestasi bisnis
42 Menerapkan konsep analisis keyakan bisnis pada bidang teknologi informasi
43 Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan kewirausahaan
44 Mengevaluasi bentuk-bentuk kewirausahaan dalam bidang teknologi informasi
45 Menerapkan konsep kewirausahaan pada bidang teknologi informasi

 

3.3 KETERAMPILAN UMUM

NO KETERAMPILAN UMUM
1 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4 menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
8 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
10 mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer;
11 memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi;
12 mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis;
13 berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data;
14 memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
15 memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning);
16 memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya;
17 bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam;
18 mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis;
19 beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi.

 

3.4 KETERAMPILAN KHUSUS

NO URAIAN KETERAMPILAN KHUSUS
1 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi berbasis web
2 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi berbasis mobile
3 Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan aplikasi sistem cerdas

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI INFORMATIKA


Program Studi Informatika menggunakan kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional  Indonesia (KKNI) 2017.Para lulusan dibekali kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Kurikulum tersebut dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 semester dengan beban studi sebesar 144 SKS. Sesuai dengan keterlambatan studi yang dapat ditoleransi adalah 6 semester, sehingga total masa studi yang masih ditoleransi adalah 14 semester. Mata kuliah tersedia berjumlah 64 yang terdiri dari 6 mata kuliah wajib universitas (12 SKS), 40 mata kuliah wajib program studi (109 SKS), 15 mata kuliah pilihan program studi (45 SKS), dan 3 mata kuliah pilihan lintas program studi (8 SKS). Mata kuliah yang ditempuh berjumlah 54 terdiri dari 6 mata kuliah wajib universitas (12 SKS),40 mata kuliah wajib program studi (109 SKS), 5 mata kuliah pilihan program studi (15 SKS), dan 3 mata kuliah pilihan lintas program studi (8 SKS).  

Semester 1

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0120 Agama 2 - W  
UNI0420 Bahasa Indonesia 2 - W  
INF0231 Kalkulus 3 - W  
INF0321 Matematika Diskrit 1 2 - W  
INF0831 Pemrograman 1 3 - W  
INF1831 Pengantar Teknologi Informasi 3 - W  
INF2531 Sistem Digital 3 - W  
INF3721 Bisnis dan Manajemen 2 - W  
Total 20      

Semester 2

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0520 Bahasa Inggris 2  -  W  
UNI0620 Spiritualitas UKMC 2  -  W  
INF0422 Matematika Diskrit 2 2  INF0321  W  
INF0522 Aljabar Linier 2  INF0231  W  
INF0632 Statistik 1 3  -  W  
INF0932 Pemrograman 2 3  INF0831  W  Tempuh
INF2642 Arsitektur Komputer 4  INF2531  W  
INF2822 Komunikasi Data 2  INF2531  W  
Total  20      

Semester 3

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0220 Pancasila 2 - W  
INF0122 Bahasa Inggris Lanjut 2 - W Tempuh
INF0733 Statistik 2 3 INF0632 W Tempuh
INF1033 Pemrograman 3 3 INF0932 W Tempuh
INF1133 Pemrograman Basis Web 1 3 INF0831 W Tempuh
INF2033 Basis Data 1 3 INF1831 W Tempuh
INF2743 Sistem Operasi 4 INF2642 W Tempuh
Total 20      

Semester 4

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
INF1234  Pemrograman Basis Web 2 3 INF1133 W Lulus
INF1534  Strategi Algoritma 3 INF1033 W Lulus 
INF1624  Teori Bahasa dan Otomata 2 INF0422 W Lulus
INF1934  Interaksi Manusia dan Komputer 3 INF1831 W Tempuh
INF2134  Basis Data 2 3 INF2033 W Lulus
INF2234  Rekayasa Perangkat Lunak 1 3 INF1033 W Tempuh
INF2934  Jaringan Komputer 1 3 INF2822 W Tempuh
INF3823  Sistem Informasi Manajemen 2 INF1831 W Tempuh
Total         

Semester 5

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
INF1335 Pemrograman Basis Objek  3  INF1133 W Tempuh
INF1745 Sistem Cerdas  4  INF1033 W Lulus
INF2335 Rekayasa Perangkat Lunak 2  3  INF2234 W Lulus 
INF3035 Jaringan Komputer 2  3  INF2934 W Lulus
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 1  3   P  
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 2  3   P  
Total   19      

Semester 6

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
UNI0320 Kewarganegaraan  2  - W Lulus
INF1436 Pemrograman Basis Mobile  3  INF0831 W Tempuh
INF2426 Proyek Perangkat Lunak  2  INF2335 W Lulus 
INF3136 Grafika Komputer  3  INF0522 W Lulus 
INF3320 Metodologi Penelitian  2  INF0733 W Lulus 
INF3926 Analisis Kelayakan Bisnis  2  INF3721 W Lulus 
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 3  3  - P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 1  3  - P  
Total   20      

Semester 7

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat  W/P Keterangan
INF3228 Etika  2 INF1934 W Tempuh
INF3420 Kerja Praktik  2 Min. telah menempuh 90 sks W  
INF3520 Skripsi 1  2 100 sks W  
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 4  3 - P  
  Mata Kuliah Pilihan Program Studi 5  3 - P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 2  2 - P  
  Mata Kuliah Pilihan Lintas Program Studi 3  3 - P  
Total  18      

Semester 8

Kode MK Mata Kuliah SKS Prasyarat W/P Keterangan
INF3640 Skripsi 2 4 INF3520 (125 sks) W Lulus
INF4028 Kewirausahaan 2 INF3926 W Lulus
Total  6      

Mata Kuliah Pilihan

Kode Mata Kuliah SKS Prasyarat P
INF413P Swarm Intelligence 3 INF1746 P
INF423P Machine Learning 3 INF1831 P
INF433P Agent Systems 3 INF1934 P
INF443P Data Mining 3 INF0733 P
INF453P Information Retrieval 3 INF0733 P
INF463P Semantic Web 3 INF1234 P
INF473P Web Service 3 INF1234 P
INF483P Multimedia 3 INF1934 P
INF493P Mobile Operating System 3 INF2743 P
INF503P Wireless Network 3 INF2934 P
INF513P Kriptografi 3 INF2934 P
INF523P Steganografi 3 INF2934 P
INF533P Perception and Computer Vision 3 INF1934 P
INF543P NET Programming 3 INF1033 P
INF553P Augmented & Virtual Reality 3 INF1934 P

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Kontak

KAMPUS BANGAU | Fakultas Ilmu Sains dan Teknologi Universitas Musi Charitas Palembang - Sumatera Selatan Indonesia

Jalan Bangau No. 60 Palembang Sumatera Selatan 30113

  • Hot line : 0711 - 366326